Senin, 09 Mei 2016

Dampak Perkembangan IPTEK Terhadap Kehidupan Sosial



A.Perkembangan IPTEK

Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek. sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas.

Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.{mospagebreak} Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang.

B.Dampak dari perkembangan IPTEK bagi kehidupan sosial manusia
IPTEK  berkembang  pesat berkat pemakaian alat-alat yang  makin sempurna,  sehingga  mendapat sebutan IPTEK modern. Kemajuan IPTEK  mendorong  majunya  teknologi  yang  makin dapat  memakmurkan  kehidupan manusia, karena tujuan  teknologi  memang diadakan untuk  kebutuhan  manusia.  Namun, di samping tujuan dapat tercapai,  terjadi pula dampak sampingan ( side-effect )  yang dapat mengganggu. Untuk  itu diupayakan  peningkatan kegunaan teknologi  dan memperkecil  dampaknya. Bila hal tersebut tercapai, maka kegiatan mempergunakan  teknologi  mamperoleh  nilai ekonomis  yang berarti. Misalnya,  pemakaian pesawat terbang  besar dan cepat memudahkan orang mencapai tujuan, tetapi  kejatuhannya  menimbulkan risiko besar. Jadi,  tujuan dapat dicapai dengan hasil maksimal, sementara dampaknya diperkecil.
dampak negatif dari perkembangan iptek salah satunya adalah adanya teknologi yang disalah gunakan oleh masyarakat. seperti Handphone,jejaring sosial, dll.
banyak terjadi penipuan dan tindak kejahatan yang dilakukan oknum oknum tertentu dengan melalui teknologi.
seperti pencurian uang, penipuan. penculikan, dan pembunuhan berencana.
selain itu, IPTEK yang berkembang pesat dapat menghilangkan nilai sosial di masyarakat tertentu. seperti contohnya, dengan menggunakan Handphone,TV,mobil,motor ataupun bahkan jejaring sosial.seorang individu dapat berkomunikasi dan menjalani aktivitas dengan mudah tanpa adanya interaksi atau gotong royong antar masyarakat lainnya.
hal itu dapat menghilangkan nilai nilai sosial dalam kehidupan. karena individu akan memilih untuk mengerjakan sendiri kerjaannya tanpa harus meminta bantuan org lain.

Dampak lainnya adalah adanya GLOBALISASI. yaitu masuknya pengaruh dan gaya dari Luar negeri yang dapat menghilangkan nilai asli bangsa indonesia.
contohnya yaitu anak muda zaman skrg banyak yang meniru gaya pakaian orang luar ataupun negeri tetangga.
tradisi asli indonesia tidak lagi dipakai di zaman skrg karena perkembangan teknologi dan IPTEK yang mempengaruhinya.
Pada tahun ini, apalagi sudah adanya atau terjadi Demam K-POP. yaitu fenomenalnya lagu lagu dan boyband serta girlband dari korea selatan di Indonesia.
seperti Boyband dan Girlband Besar di Korea yang sangat menjadi perbincangan hangat, kiblat fashion bagi anak muda zaman skrg. bahkan banyak musisi indonesia yang meniru gaya mereka. seperti Smash,cherrybelle dll.
bagi indonesia, K-POP adalah kiblat fashion dan gaya bagi saat ini.
seperti, Super Junior,Shinee,SNSD,bigbang,SISTAR menjadi salah satu penyebab hilangnya budaya asli indonesia karena adanya proses GLOBALISASI yang masuk ke Indonesia.

perkembangan IPTEK akan selalu maju setiap tahunnya, maka dari itu kita sebagai jiwa muda harus tetap bisa menjaga nilai dan tradisi serta budaya bangsa Indonesia


sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar